Ajak Tingkatkan Minat Baca, Muhamad Bahrul Amiq Abdurrohman dan Baitah Novalissyah Jadi Juara Duta Baca 2024

SHARE

DISKOMINFO INDRAMAYU- Grand final Pemilihan Duta Baca Indramayu 2024 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu kembali dilaksanakan dengan tema Aksara Terampil Marwah yang dilaksanakan di Hotel Grand Trisula pada Kamis, (22/8/2024).

Acara ini menjadi puncak dari rangkaian kegiatan pemilihan Duta Baca yang telah dimulai sejak beberapa bulan yang lalu, dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan masyarakat, terutama generasi muda.

Kepala DPA Aan Hendrajana menjelaskan bahwa pemilihan Duta Baca adalah salah satu strategi dalam meningkatkan minat baca di Kabupaten Indramayu yang diharapkan dapat mencetak figur-figur inspiratif dan motivator dalam hal membaca.

Acara ini diikuti oleh 20 finalis yang telah melewati berbagai tahap seleksi, mulai dari karantina, tes tertulis, wawancara, hingga presentasi proyek literasi. Para finalis berasal dari berbagai sekolah menengah dan perguruan tinggi di sekitar Kabupaten Indramayu.

"Berdasarkan data yang masuk jumlah peserta registrasi online sebayak 60 peserta. Tetapi yang lulus seleksi kasar sebanyak 50 peserta, selanjutnya peserta melakukan seleksi tulis dan wawancara sehingga terpilih menjadi 20 finalis Duta Baca Kabupaten Indramayu," ujarnya.

Aan menambahkan, sejak satu bulan yang lalu finalis sudah di karantina, brain stroming dan diberikan pengetahuan dan wawasan mengenai literasi," ujarnya.

Dari hasil seleksi tersebut, terpilih 10 finalis putra dan 10 finalis putri terbaik yang kemudian diberi pembekalan. Beberapa di antara mereka nantinya akan dinobatkan sebagai Duta Baca.

Aan juga menyoroti adanya program baru tahun ini yang dirancang khusus untuk meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap peran dan fungsi pemerintah. Program ini bertujuan untuk membantu anak muda lebih memahami bagaimana pemerintah daerah bekerja.

"Program kami kedepannya ingin mengajak Duta Baca untuk pergi ke perangkat daerah termasuk BUMD dan BUMN agar teman-teman sekalian paham bagaimana Pemerintah Kabupaten Indramayu bekerja dan usaha apa yang diberikan untuk mendapatkan pendapatan daerah," tambahnya.

Duta Baca yang terpilih nantinya akan menjadi ikon perpustakaan sekaligus salah satu ujung tombak pemerintah daerah dalam mengkampanyekan, mengedukasi, dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan literasi. Mereka akan menggunakan berbagai media, baik cetak, elektronik, maupun media sosial, untuk meningkatkan indeks literasi di masyarakat.

Diketahui hasil Grand Final Pemilihan Duta Baca 2024, terpilih Muhamad Bahrul Amiq Abdurrohman dari Universitas Wiralodra sebagai Juara 1, Syamsiyar Ridho Firmansyah dari SMAN 2 Indramayu sebagai Juara 2, Krisyadi Dwi Sukma dari Universitas Wiralodra sebagai Juara 3 untuk kategori putra.

Sementara dari kategori putri, Baitah Novalissyah dari SMKN 1 Indramayu sebagai Juara 1, Unenci dari SMKN 1 Indramayu sebagai Juara 2, Novi Dwi Febriyani dari Universitas Wiralodra sebagai Juara 3.

Selain itu, Sugih Nugraha dari Universitas Wiralodra terpilih sebagai Duta Baca kategori Inovasi, Ryadha Akbar Nugraha dari SMAN 2 Indramayu sebagai Duta Baca kategori Persahabatan, Nabila Zulfa Ramadhani dari SMAN 1 Indramayu sebagai Duta Baca kategori Favorit. (DISKOMINFO INDRAMAYU)