Ciptakan Enterpreneur Muda, UNJ laksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat

SHARE

 

DISKOMINFO INDRAMAYU - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar program pengabdian kepada masyarakat tahun 2024 ini, dengan menghasilkan karya yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat Indramayu.

Hal tersebut disampaikan oleh Mustara salah satu dosen UNJ pada acara Live Podcast Radio Kijang Kencana/K2 Online melalui chanel Fb kijangkencana911 dan radio K2 Online di Rumah Hydroponik Jatibarang Baru Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu, Jum'at siang (30/08/2024).

Hasil karya pengabdian kepada masyarakat tersebut berupa Rumah Hydroponik dengan budidaya berbagai macam tanaman pangan antara lain cabai, pare, sereh, pisang, pokcay, ubi jalar, bayam berazil, budidaya belut serta lainnya.

Mustara menyampaikan bahwa kegiatan di Rumah Hydroponik tersebut dalam bentuk pelatihan dan edukasi budidaya tanaman pangan dan belut hal tersebut sesuai dengan program Bupati Indramayu Nina Agustina.

"Rumah Hydroponik selaras dengan program penurunan stunting di Indramayu dan juga program ketahanan pangan yaitu Pusat Pangan (Puspa) yang bisa memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri," ungkapnya.

Mustara juga menambahkan bahwa pelatihan dan edukasi budidaya tanaman pangan dan belut Rumah Hidroponik tersebut di ikuti oleh masyarakat dan pemuda sekitar yang tergabung dalam kelompok pemuda Blok Gudang Yayasan Godong Jati Lestari Jatibarang Baru yang dikomandoi oleh Zahri Choery Prastya.

Di akhir podcast Mustara menyampaikan bahwa berharap pengelolaan rumah hydroponik tersebut dapat menciptakan enterpreneur muda dalam berwirausaha dan menciptakan peluang lapangan kerja yang bermanfaat, berkelanjutan serta diikuti oleh masyarakat.

Untuk hal tersebut Rumah hydroponik tersebut dilimpahkan kepada kelompok pemuda Yayasan Godong Jati Lestari untuk dikelola sebagai media kreatif dan produksi usaha yang berkelanjutan.

Adapun Zahri beserta anggota Yayasan Godong Jati Lestari menyampaikan terima kasih kepada UNJ atas karya positif dan bermanfaat Rumah hydroponik ini dan akan menjalankan amanah tersebut sebaik-baiknya.

"Kami akan berupaya maksimal dan sudah mempersiapkan program produksi olahan kuliner kripik bayam Brazil sebagai salah satu awal wirausaha kami," ungkapnya.

Diketahui program pengabdian kepada masyarakat UNJ tersebut berlangsung dari bulan Maret sampai bulan Agustus 2024, yang melibatkan, dosen, mahasiswa serta masyarakat sekitar. (Diskominfo Indramayu).

Penulis : Teno
Edotor : Aa Deni