Jaga Kelestarian Wilayah Pantai, Kejaksaan Negeri Indramayu Lakukan Gerakan Bersih Pantai dan Penghijauan

SHARE

 

DISKOMINFO INDRAMAYU -- Kejaksaan Negeri Indramayu menggelar kegiatan gerakan bersih sampah dan penghijauan sebagai bentuk komitmen dan partisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Berlangsung di Pantai Tirta Ayu, Rabu (17/7/2024), kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu Arief Indra Kusuma Adhi didampingi Ketua Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Indramayu, Ny. Indriani Arief yang diikuti oleh seluruh jajaran Kejaksaan Negeri Indramayu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Edi Umaedi beserta jajaran, Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana M beserta jajaran, serta Kepala Desa Balongan dan Ketua Pokdarwis Tirta Ayu.

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu, Arief Indra Kusuma Adhi mengatakan, menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab bersama seluruh komponen.

Terlebih, Kabupaten Indramayu dengan banyak kawasan pantai yang menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan haruslah juga turut dijaga kebersihan dan ekosistemnya sehingga dapat terus lestari.

Lebih lanjut, Arief menyampaikan, kegiatan bersih-bersih pantai dan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon cemara laut merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 tahun 2024.

"Alam telah memberikan banyak hal kepada kita dan salah satu tugas kita sebagai manusia adalah untuk menjaganya," ungkapnya.

"Karenanya hari ini kita berupaya menunjukkan kepedulian untuk bisa melakukan ataupun menjaga yang telah dititipkan atau dikelola oleh kita khususnya di wilayah Kabupaten Indramayu di mana pantai menjadi salah satu aset terbesarnya," tambahnya.

Oleh karenanya penghijauan merupakan salah satu bentuk upaya dalam mengatasi terkikisnya pantai akibat aberasi.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Edi Umaedi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Menurutnya, kesadaran akan menjaga kelestarian lingkungan harus terus ditumbuhkan di tengah masyarakat sehingga pencemaran lingkungan dapat dikendalikan dan potensi sumber daya alam yang ada dapat dikelola secara optimal guna meningkatkan perekonomian yang berkelanjutan.

(Diskominfo Indramayu)

Penulis: Fikri
Editor: Aa Deni