Keren! Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu Kantongi Sertifikat Kementerian PPPA RI Jadi Pusat Info

SHARE

 

DISKOMINFO INDRAMAYU – Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu bersama dengan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DISDUK-P3A) Kabupaten Indramayu terus bersinergi dalam pengelolaan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA).

Melalui penyediaan layanan dan koleksi buku yang sesuai dengan kebutuhan anak, eksistensi Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu sebagai PISA dapat turut mendukung pemenuhan hak anak di Kabupaten Indramayu untuk dapat memperoleh berbagai Informasi Layak Anak (ILA).

Di samping itu, Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu juga telah mengikuti proses Standardisasi PISA Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kementerian PPPA RI) pada bulan April sampai dengan Oktober 2023.

Bahkan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana M menjelaskan, melalui proses standardisasi tersebut berhasil mengantarkan Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu memperoleh sertifikat dari Kementerian PPPA RI dengan Kategori Pratama pada tahun 2023.

“Melalui kegiatan Standardisasi PISA ini diharapkan PISA dapat menjadi wadah yang menyediakan ragam informasi yang dibutuhkan anak, sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan terkait dengan perkembangan jiwa dan sosial anak mengikuti perkembangan usia dan kematangannya,” ungkapnya kepada Diskominfo Indramayu, Selasa (27/2/2024).

Lebih lanjut Aan memaparkan, ikut sertanya Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu pada kegiatan Standardisasi PISA tersebut guna menjamin layanan dan wadah informasi yang tersedia di perpustakaan yang sesuai dengan kebutuhan anak secara terintegrasi (penyediaan informasi, tempat bermain, tempat peningkatan kreativitas, dan tempat berkonsultasi).

“Kita upayakan perpustakaan bisa mencapai standardisasi PISA ini supaya ada pusat informasi secara terintegrasi yang tentunya ramah anak. Ini menjadi ikhtiar kami bersama dengan stakeholder terkait untuk mewujudkan Indramayu sebagai kota layak anak selain menghadirkan fasilitas serta program yang dapat mendorong pemenuhan hak informasi yang didapat oleh anak diantaranya dengan menyediakan perpustakaan keliling, serta sudut baca yang ada di Taman Tjimanoek sesuai arahan Ibu Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina,” pungkasnya.

(Diskominfo Indramayu)

Penulis: Fikri
Editor: Aa Deni