Putra Indramayu, Terima Kunjungan Kerja Delegasi Korea Perkuat Kompetensi Pekerja Migran

SHARE

 


DISKOMINFO INDRAMAYU – Penguatan Kerja sama bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dan Korea Selatan terus dilakukan terutama terkait isu tentang peningkatan profesionalisme, keahlian, dan kompetensi Pekerja Migran Indonesia yang bekerja pada sektor industri Korea Selatan.

Hal tersebut terlihat dalam kunjungan kerja delegasi Korea Selatan, The Korea International Cooperation Agency (KOICA) ke Indonesia antara lain Research Fellow of Migration Research & Training Centre, Youghe Cho, Research Proffesor of Seoul National University, Choi Kyunghee, Directior of Busan University of Foreign Studies, Moon Suk Hong, Director of Jeonnam Daebul Industry-University Convergence Institite, Sung Ho Noh dan Program Management Officer of Migration Research & Training Centre, Jihee Kim.

Kunjungan delegasi Korea Selatan tersebut diterima oleh Komisioner BNSP, Prof Amilin yang juga merupakan Putra Indramayu didampingi Komisioner BNSP lainnya yakni, M. Nur Hayid, dan Sub Koordinator Bidang Hukum dan Kerja sama BNSP, Kurniawati di kantor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Jl. MT Haryono Jakarta, Jumat (06/09/2024).

Komisioner BNSP, Prof Amilin menjelaskan, khusus dalam agenda kunjungannya ke BNSP, delegasi Korea Selatan melakukan audiensi guna mempelajari regulasi dan kebijakan tentang sistem sertifikasi profesi yang berlaku di Indonesia, berikut informasi tentang jejaring kerja sama internasional yang sudah terjalin dengan negara lain, khususnya Mutual Recognition Arrangements (MRA) terkait sertifikasi kompetensi profesi.

Kemudian, dikatakan Amilin, selain melakukan kunjungan dan beraudiensi ke BNSP, delegasi Korea Selatan juga berkunjung dan melakukan audiensi ke Kementerian/Lembaga lainnya di Indonesia, antara lain Bappenas, Kementerian Tenaga Kerja (Direktorat Binalavotas), dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Direktorat Jenderal Vokasi).

Selain itu, kunjungan juga dilakukan delegasi Korea Selatan ke Kementerian Industri (Badan Pengembangan SDM Industri (BPSDMI) dan Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri PPKPI)), Politeknik APP Jakarta, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), PT PAL Indonesia, PT Krakatau Posco dan International Organization for Migran di Indonesia (IOM Indonesia).

“Beberapa tempat dikunjungi oleh delegasi Korea Selatan (KOICA) ke Indonesia. Semoga kunjungan tersebut dapat memperkokoh kerja sama kedua belah pihak dan memberikan manfaat bagi kedua negara,” pungkas Amilin.

(Diskominfo Indramayu)

Penulis: Fikri
Editor: Aa Deni