Tingkatkan Strategi Komunikasi Publik, Diskominfo Indramayu Ikuti IKP Fest 2024

SHARE

 

DISKOMINFO INDRAMAYU -- Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat (Diskominfo Jabar) melalui bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) kembali menggelar kegiatan IKP Fest.

Dengan mengusung tema Dari Karawang Menuju Jabar Caang, IKP Fest 2024 yang berlangsung di Resinda Hotel Karawang pada 18 - 19 Juli 2024 turut diikuti Diskominfo Kabupaten/Kota se-Jawa Barat termasuk Diskominfo Kabupaten Indramayu.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah, IKP Fest merupakan kegiatan tahunan yang digagas oleh bidang IKP Diskominfo Jabar sebagai forum yang menjadi ajang transfer knowledge sekaligus berbagi pengalaman dari seluruh pengampu urusan informasi komunikasi publik di Diskominfo Kabupaten/Kota dengan menghadirkan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan di bidang kehumasan.

"Terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam IKP Fest 2024 diantaranya IKP Talks, Podcast Juara, Podcast Ngonci, Rapat Koordinasi Bidang IKP Diskominfo Kota/Kabupaten se-Jawa Barat, serta FGD dan Workshop Penguatan Unit Saber Hoaks Daerah (USHD) Menjelang Pilkada Serentak 2024," ungkapnya.

Ika berharap, IKP Fest dapat melahirkan ide-ide kreatif dalam menyampaikan komunikasi publik di tengah naiknya trend pemanfaatan artificial intelligence.

"Artificial intelligence ini tentunya membantu kegiatan komunikasi publik dalam merancang strategi komunikasi yang efektif melalui analisis data dan informasi secara cepat, yang memungkinkan pemerintah dapat memenuhi kebutuhan publik dalam menyusun strategi komunikasi berdasarkan data real time," ujarnya

"Tentunya, pemanfaatan artificial intelligence ini juga akan tetap mengedepankan prinsip kemanan, kredibilitas dan etika yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan teknologi, " tambah Ika.

Dalam kesempatan yang sama, Plh. Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya IKP Fest 2024 yang diikuti oleh Dinas Kominfo se-Jawa Barat.

Menurut Hening, komunikasi dan informatika merupakan sebuah hal penting yang harus memiliki porsi seimbang dalam prioritasnya sehingga proses komunikasi dapat berlangsung secara optimal dapat ditopang oleh teknologi yang terus berkembang.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Bidang IKP Diskominfo Indramayu, Agus Muttaqien menyambut baik dengan hadirnya kegiatan IKP Fest.

Menurutnya, keikutsertaan Diskominfo Indramayu dalam IKP Fest diharapkan dapat membawa insight tersendiri sehingga menjadi pemantik untuk terus mengembangkan ide kreatif dan inovasi terutama mendorong  komunikasi publik yang efektif dengan informasi yang mudah dipahami masyarakat.

(Diskominfo Indramayu)

 


Penulis: Fikri

Editor: Aa Deni